Welcome

Rabu, 05 Maret 2008

Lomba Blog ASC

Selayang Pandang

Pembudayaan penggunaan internet sudah semakin akrab dikalangan pelajar. Internet, bukan hanya terbatas untuk mencari sumber informasi dari berbagai belahan penjuru dunia atau sumber belajar yang dikenal dengan e-learning. Internet dengan segala fasilitas yang dimilikinya, kini bisa dijadikan sarana publikasi pemilikiran, informasi aktivitas kesiswaan, dan sarana paling aktual dalam menumbuhkembangkan budaya tulis dikalangan pelajar.

Blog merupakan salah satu media yang paling aktual bagi dunia pendidikan yang diharapkan mampu mendorong pemanfaatan maksimal peran dan fungsi internet. Tidak heran, Depdiknas melalui Program Jardiknas telah melakukan pelatihan blog bagi para guru dan juga pelajar. Diharapkan kedepan, setiap guru dan siswa memiliki blog, baik yang dbuat melalui blpogspot, wordpress, maupun multilpy, dll.

Berangkat dari kenyataan itulah, maka pada Al Muttaqin Science Challenge (ASC) ke-4, diadakan Lomba Blog bagi pelajar SMP - SMA sederajat.

Sasaran Lomba

Lomba blog ditujukan bagi semua pelajar yang mewakili institusi sekolah masing-masing , baik tingkat SMP maupun SMA.

Fokus Lomba

Lomba blog antar pelajar difokuskan membuat blog dalam bentuk:

1. Profil OSIS atau organisasi ekstra kurikuler.

2. Di dalam profil tersebut memuat antaranya:

a. Berita kegiatan OSIS/ekskul

b. Profil pengurus OSIS/Ekskul

c. Agenda kegiatan OSIS/Ekskul

d. Link dengan situs yang menarik, OSIS sekolah lain, dll...

e. Blog juga bisa diisi oleh puisi, cerpen, atau

f. poto-poto aktivitas kesiswaan.

h. dlll

Kriteria Pembuatan

1. Blog dibuat dengan menggunakan wordpress atau blogspot atau multiply.

2. Pembuatan blog dilakukan oleh sebanyak-banyak tiga orang. Bisa juga dilakukan oleh hanya seorang.

3. Pembuatan blog bisa dilakukan dimana saja atau bagi peserta yang akan membuat di lokasi lomba, panitia menyediakan tempat khusus,

4. Rambu-rambu/ketentuan teknis khusus lomba pembuatan blog akan dipandu panitia melalui blog khusus secara online pada hari Lomba Blog. Kode Kepesertaan dan alamat blog panduan lomba akan diberikan panitia kepada semua peserta setelah peserta melakukan daftar kepesertaan.

Kriteria Lomba

1. Artistik template yang digunakan.

2. Variasi Rubrikasi Profil OSIS/Ekskul

3. Kesesuain desain dan tema blog dengan peraturan.

Hadiah Lomba

Piala Bergilir TELKOM, Piala Tetap, Uang Pembinaan, Hadiah sponsorship.

Pendaftaran Lomba

Lomba terbuka bagi semua pelajar di Jawa Barat yang mewakili institusi organisasi sekolah.

a. Pendaftaran ditutup pada Minggu, 18 Maret 2008.

b. Membayar uang pendaftaran Rp 27.5oo secara langsung ke panitia di Kampus SMA Al Muttaqin Jl. Ahmad Yani No. 140 Tasikmalaya, Telp. (0265) 311093. Atau via rekening bank dengan mengontak terlebih dahulu no. (0265) 9138715 Setiap sekolah berhak mengirimkan lebih dari satu delegasi

Target Lomba

Dengan dukungan penuh dari Dinas Pendidikan Jawa Barat, diharapkan Lomba Blog dengan sasaran utama pembuatan Blog Profil OSIS/Ekskul SMP-SMA, setiap organisasi kesiswaan dapat memiliki situs internet khusus (blog OSIS). Melalui blog yang dimilikinya, setiap organisasi kesiswaan dapat mempublikasi potensi, inovasi, kreativitas, dan aktivitasnya yang bisa terpantau dari berbagai penjuru dunia.

2 komentar:

aLtaz Junior Hi mengatakan...

haaaii kaka2x kelajh kitaa . kita (abil, ratu,didit) udah bikin niih . daftarnya gimana ? langsung aja apa via on-line ? boleh kan postingannya pake basa inggris ?

SMA Al Muttaqin mengatakan...

bole aja !! malah lebih ok !!!


Template by Isnaini Dot Com