Welcome

Jumat, 21 Maret 2008

Lomba Web Blog OSIS se Jawa Barat

Sejuta Pesona Kreativitas


Kaget. Salut. Luar Biasa. Kagum. Itulah ungkapan yang meluncur dari para dewan juri Lomba Web Blog OSIS se Jawa Barat dalam rangkaian acara Al Muttaqin Science Challenge (ASC) IV yang di inisiatori oleh OSIS SMA Al Muttaqin Kota Tasikmalaya., Selasa – Kamis, 18-20 Maret 2008.

Dewan Juri yang terdiri dari Ridwan “Iwok” Abqary, seorang bloger dan juga penulis buku, Duddy R.S. bloger yang juga seorang redaktur surat kabar grup PIKIRAN RAKYAT, Harian PRIANGAN, serta Solihin mewakili unsur dewan guru, mengaku cukup alot dalam menentukan siapa yang berhak menjadi juara.

Penjurian blog sendiri difokuskan ke dalam dua aspek utama yakni content blog dan perwajahan blog. Content blog yang dinilai antaranya meliputi kualitas isi tulisan blog, variasi rubrikasi blog, kemampuan membuat link, ragam tulisan tematis yang disyaratkan panitia, serta content isi blog sesuai kreativitas yang dikembangkan oleh para peserta lomba..

Sedangkan aspek perwajahan blog meliputi pengembangan kreativitas mendesain template dari bentuk aslinya, daya tarik tata letak dan warna blog, variasi java script, dan lain sebagainya yang menunjang kepada aspek reader interest pengunjung blog,

“Kami melihat banyak kraetivitas muncul dari lomba blog ini. Banyak peserta yang menampilkan gagasan-gagasan segarnya,” ujar Duddy RS.

Menurut Kang Iwok, dari aspek jumlah nilai, umumnya peserta lomba mengumpulkan nilai yang tak terlalu beda jauh. “Berdasarkan rekap penilaian, banyak sekolah yang memiliki nilai yang berdekatan, khususnya tingkat SMP,” beber Kang Iwok pemilik blog dengan alamat http://iwok.blogspot.com

Dari berbagai aspek pemilaian, keluar sebagai peraih nilai tetinggi adalah blog OSIS SMAN 2 Kota Tasikmalaya. Blog OSIS SMANDA ini memiliki keunggulan yakni pengembangan kreativitas template, kualitas isi, serta perwajahannya juga menarik, termasuk mudah untuk diakses.

”Semua dewan juri menilai, blog OSIS SMANDA memang yang paling kreatif dan menarik dari aspek perwajahan dan content isi blog. Sehingga mereka berhak menjadi pemenangnya,” ujar Kang Duddy pemilik blog ber ikon “Leter Z”.

Sementara, sebagai peraih nilai kedua terbaik adalah OSIS SMAN 1 Bogor. Secara isi berbobot dan perwajahan manarik. Hanya saja, untuk akses ke blog OSIS SMAN 1 Bogor ini cukup memakan waktu.

Dewan juri mencoba untuk akses ke blog osis smansa Bogor dengan modem yang di sharing banyak. Ternyata agak lambat. Sementara dibanding akses ke blog peserta lainnya cukup cepat.

Sementara itu untuk tingkat SMP, peraih nilai tertinggi dan keluar sebagai juara dari SMP BPK Penabur. Blog OSIS BPK menarik secara perwajahan, kualitas content juga berbobot untuk setingkat level SMP.

PIALA BERGILIR TELKOM

Sebagai apresiasi terhadap para peserta web blog, Panitia bersama Telkom memberikan sejumlah penghargaan khusus. Bagi OSIS SMAN 2 Kota Tasikmalaya sebagai peraih juara 1 (juara umum) berupa Piala Bergilir Telkom, Piala Tetap ASC, Uang Pembinaan, Sertifikat Disdik, dan voucher sponsorship.

Juara 2 tingkat SMA, yakni OSIS SMAN 1 Bogor meraih Piala Tetap ASC, Uang Pembinaan, Sertifikat Disdik, dan voucher sponsorship.

Juara 3 (juara 1 tingkat SMP), yakni OSIS SMP BPK meraih Piala Tetap ASC, Uang Pembinaan, Sertifikat Disdik, dan voucher sponsorship.

Selain ketiga sekolah tersebut, sebagai apresiasi terhadap kreativitas pembuatan blog, panitia juga memberikan penghargaan berupa Sertifikat Juara dari Disdik kepada sekolah yang meraih nilai teringgi ke-3 dan ke-4 untuk tingkat SMA, dan peraih nilai tertingi ke-2 dan ke-3 untuk tingkat SMP.

Sekolah yang memperoleh pengghargaan juara adalah OSIS SMAN 1 Sindang Indramayu, OSIS SMAN 1 Ciamis, OSIS SMPN 4 Ciamis, dan OSIS SMP Al Muttaqin Kota Tasikmalaya.***

3 komentar:

Indie 261 mengatakan...

UNTUNG GA JADI PAKE FLASH!!! HUAHAHAHA!

Anonim mengatakan...

kek'y pake or g pake flash SMA 1 Bogor tetep Lambat deh..

Anonim mengatakan...

Wah, sayang amat ya kalo cuma gara2 lambat akses... Sebenernya ya banyak hal sih yang bikin jadi lambat...Emang bukan dari flashnya doang...Flash ga terlalu pengaruh banyak...Tapi bagi kami itu sudah merupakan kepuasan tersendiri, kami bisa membuat blog sebagus itu dalam waktu 24 jam, dan berkompetisi dengan orang-orang hebat se-Jabar,dan mendapatkan juara 2,...Alhamdulillah....


Template by Isnaini Dot Com